Search This Blog

Wednesday, June 20, 2012

Pemicu Serangan Asma

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 1 Review pembaca

Penyebab Serangan Asma


Pada penderita asma, pada awalnya saluran nafas mengalami peradangan kronis sehingga dengan kondisi ini saluran nafas akan menyempit. Ditambah lagi dengan adanya peradangan, tubuh akan menghasilkan lendir berlebih pada saluran nafas yang merupakan pendukung penyumbatan saluran pernafasan. Serangkaian peristiwa ini terjadi tiap kali serangan asma muncul dan mengakibatkan gejala-gejala asma akan tampak pada penderitanya yaitu bunyi mengi saat bernafas serta sesak nafas karena terhimpitnya saluran nafas karena peradangan.

Apa saja pemicu serangan asma?

Alergi

Kenapa ada peradangan, peradangan disebabkan karena alergi. Nah biasanya alergi ini dipicu oleh beberapa faktor sebelumnya. Karenanya dengan mengantisipasi nya penderita asma dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi serangan asma. Beberapa hal yang dapat memicu alergi antara lain disebabkan oleh Jamur, Debu, Kecoa, Serbuk sari dari pohon atau bunga, dan Makanan (kacang tanah, telur, ikan)

Alergi Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan adalah penyebab umum lain dari serangan asma. Masalahnya adalah bulu dan sel kulit mati hewan peliharaan yang menempel pada pakaian, perabot, dinding dsb. Sebagai contoh kucing, Jika anda alergi dengan bulu kucing, maka ketika ada bulu dari hewan peliharaan kesayangan anda terhirup, itu dapat memicu serangan asma, bila anda penderita asma hanya dalam 15 menit. Hal ini disebabkan orang dengan alergi kucing akan bereaksi dengan protein yang berasal dari air liur, kulit, dan urin kucing yang akan memicu serangan asma.

Polusi Udara

Ketika kita berbicara polusi udara, kita terbayang udara yang kotor di luar sana. Akan tetapi polusi di sini mencakup yang terjadi di dalam maupun luar ruangan karena udara terkontaminasi penyebab polusi. Polusi ini umumnya tidak menyebabkan alergi tetapi akan menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan anda. Bebera hal yang sangat berbahaya dapat menyebabkan polusi udara adalah, kabut asap, asap rokok, asap bahan bakar kendaraan, bau cat, bahkan semprot rambut juga dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan dan mendorong terjadinya serangan asma bagi mereka penderita asma.

Olahraga

Olahraga yang terlalu intens dapat juga menjadi pemicu serangan asma. Pada penderita asma, gejala-gejala asma dapat timbul akibat melakukan olahraga yang terlalu berat dan dapat menyebabkan serangan asma. Namun karena olahraga adalah rutinitas yang kita perlukan untuk menjaga kebugaran tubuh kita, porsi yang sesuai akan menjadi kunci untuk menjaga tubuh anda secara keseluruhan.

Perubahan Cuaca

Beberapa penderita penyakit asma adakalanya merasakan gejala-gejala yang semakin memburuk saat cuaca tertentu, misalnya suhu lingkungan yang sangat dingin pada bulan-bulan tertentu. Atau ketika anda berada pada lingkungan yang terlalu lembab dan terlalu kering, ini dapat meningkatkan kemungkinan serangan asma terjadi.


Penyakit asma dapat menjangkit siapa saja tua-muda, pria maupun wanita. Telah banyak bukti bahwa faktor orang tua juga sangat mempengaruhi penurunan penyakit ini kepada anak. Perlu dicatat bahwa anak dengan orang tua yang memiliki asma akan 3 hingga 5 kali lebih mungkin mengalami kondisi yang sama dengan orang tuanya. Juga, asma lebih sering menyerang anak laki-laki dari pada perempuan saat dewasa. Tidak hanya faktor orang tua tapi jika seseorang memiliki alergi maka akan lebih mungkin orang tersebut dapat mengalami serangan asma.

Dunia kerja anda mungkin juga dapat menjadi penyebab asma. Perhatikan apakah anda bekerja dalam lingkungan yang banyak debu, suhu yang terlalu dingin, atau terpapar zat-zat kimia tertentu setiap harinya. Pastikan bahwa anda selalu memenuhi standar keamanan dalam bekerja dan jangan sampai kesehatan anda menjadi taruhan.

Merokok dan asma dapat diibaratkan seperti sebab dan akibat. Orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki resiko mengembangkan penyakit asma dalam diri mereka lebih besar. Tidak hanya mereka yang merokok secara aktif, bahkan orang yang berada di sekitar perokok yaitu perokok pasif juga akan mengalami hal yang sama apalagi anak-anak, mereka sangat rentan dengan asap rokok dan memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena resiko asma jika mereka berada dalam lingkungan asap rokok setiap harinya. Itulah besarnya bahaya merokok bagi manusia dan sebaiknya anda segera meninggalkan kebiasaan merokok anda, tanyakan pada diri anda, Apa manfaat merokok? Apa yang anda dapatkan dari merokok? Bukanya rokok hanya akan merampas kesehatan dan uang kita. Jangan biarkan kita menjadi budak rokok.

Kegemukan bukan berarti pertanda subur, karena sudah kita ketahui obesitas tidak memiliki manfaat kesehatan sama-sekali. Pertimbangkan melakukan olahraga dan makan makanan bergizi untuk menyeimbangkan berat badan anda. Dalam penelitian telah dijelaskan bahwa orang yang kegemukan 2 kali lebih umum terjangkit asma daripada orang dengan berat badan normal. Jadi mari kita perhatikan diet seimbang 4 sehat 5 sempurna itu agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Sebelumnya: Penyakit Asma

Selanjutnya: Gejala Asma

No comments:

Post a Comment