Search This Blog

Saturday, June 9, 2012

Hal-hal penting dalam mengecat rumah

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 2 Review pembaca

Tips Mengecat Rumah


Mengecat rumah adalah sebuah kegiatan dalam rangka memperindah rumah dengan melapisi dinding, plafond, atau pilar dengan pewarna yang disebut cat atau sering disebut cat tembok. Mau mengecat rumah tapi masih bingung perihal warna, kombinasi warna, atau kesan yang ditimbulkan adalah masalah umum bagi setiap orang. Pernahkah anda ingin mengecat rumah namun tidak ingin memiliki warna cat tembok yang seragam dengan tetangga misalnya, atau warna favorit anda telah dipakai tetangga, jangan khawatir karena anda masih bisa melakukan kombinasi dan aksen dengan warna cat tembok kesayangan anda yang akan memberikan kesan beda dan yang paling penting adalah membuat rumah anda menjadi indah dengan paduan yang tepat.


Berbicara mengenai mengecat rumah, pertama-tama mari kita menggunakan imajinasi terlebih dahulu sebelum membeli cat tembok. Misalnya anda berada di ruang keluarga, di dalam ruangan tersebut terdapat banyak benda, hiasan, atau perabot rumah yang mengisi. Sekarang ambillah starting point dari ruangan anda, starting point adalah titik awal atau lebih mudahnya adalah warna dasar dari ruangan tersebut. Karena biasanya warna dasar mewakili space terbesar dari dinding. Jika warna dasar yang anda inginkan sudah ditentukan catat warna tersebut. Kemudian warna plafond juga penting untuk anda perhatikan karena dapat member kesan kemegahan dari sebuah ruang. Dan untuk warna-warna aksen atau pemberi variasi pada warna dasar silahkan anda melakukan pilihan dan variasi sendiri karena itu dapat meningkatkan unsur estetika dan kalau tidak pun juga tidak apa-apa.

Menentukan warna cat tembok sudah kita lakukan, selanjutnya tentukan kombinasi warna. Jangan salah melakukan kombinasi warna ya, karena fatal akibatnya dan kesan yang anda harapkan pun urung tercipta. Katakanlah anda membagi warna cat tembok menjadi 2, terang/cerah dan gelap. Anda masih di ruang keluarga dan gunakan imajinasi anda. Warna cat tembok yang cerah akan memberi kesan ruang lebih luas daripada warna gelap. Begitupun untuk plafond, warna cerah juga member kesan tinggi dan megah daripada pilihan warna cat gelap.

Perpaduan dinding dengan warna gelap dan plafond berwarna cerah akan memberikan kesan tinggi terhadap ruangan. Untuk itu agar ruang tampak luas anda dapat mengganti cat tembok/dinding dengan warna cerah. Kesan memanjang pada ruangan, misalnya garasi atau ruang olahraga dapat anda susun dengan pemberian warna sedikit gelap pada dinding dengan hanya satu sisi ujungnya memakai  warna terang, begitu juga sebaliknya. Ingat jika anda memilih warna cat tembok yang cenderung relevan maka anda dapat menciptakan nuansa yang luas bagi rumah anda daripada warna kontras.

Apakah anda sekarang sudah mendapat inspirasi bagaimana mengecat rumah dengan baik? Semoga informasi dan tips ini dapat membantu anda memperindah rumah tinggal sehingga tampak indah, asri dan nyaman bagi anda. Apabila anda memutuskan mengganti cat rumah anda sekarang, silahkan baca tentang cara mengecat rumah beserta persiapan dan peralatan apa saja yang harus kita persiapkan.

No comments:

Post a Comment