Kolom Pencarian

Loading

Gabung kami di Google+

Sabtu, 09 Juni 2012

Cara mengecat rumah

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 2 Review pembaca

Mengecat rumah dengan benar


Cara mengecat rumah bagi sebagian orang adalah hal yang biasa atau mudah, namun mungkin bagi sebagian kalangan belum pernah melakukannya bahkan untuk sekali dalam hidupnya. Anda yang berniat mengecat rumah sendiri atau kebetulan harus mengganti warna cat tembok rumah anda sendiri jangan khawatir karena saya akan memberikan tips bagaimana sih mengecat rumah yang benar, persiapan dan peralatan apa saja yang harus dipersiapkan.

Apakah anda membangun rumah baru, atau anda hanya ingin mengganti warna cat rumah lama. Jika ingin memperindah warna dinding rumah anda atau tembok rumah lama bermasalah, hanya ada satu cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu mengecat temboknya. Biasanya permukaan tembok sudah berupa acian (terlapisi oleh semen halus) atau sudah bercat (sudah pernah dicat) karena tidak mungkin kita akan mengecat tembok yang masih berupa batu bata.

Alat apa saja yang mungkin kita perlukan:

  • Kuas Cat ada yang dari rambut binatang (lebih cocok untuk cat berbahan dasar air) dan juga ada kuas Cat dari Nylon (lebih cocok untuk cat berbahan dasar Solvent). Kelebihanya adalah kuas ini murah, mudah digunakan, menghemat cat, dan jika selesai mudah dibersihkan untuk dipakai lagi, kekuranganya memekan waktu dan butuk keahlian.
kuas nilon cat tembok rumahkuas cat tembok rumah
  • Roller untuk pengecatan tembok lebih praktis, ada dua jenis roller yaitu Roller Sponge (untuk menghapus jejak kuas) dan Roller Bulu (untuk mengecat). Nah mungkin Roller ini yang lebih cocok bagi anda yang belum pernah mengecat rumah karena Roller mudah digunakan, lebih cepat, dan hasil akhir lebih halus. Hanya saja mahal harganya.
paint-rollerpaint roller
  • Sprayer, alat yang sangat praktis dan cepat untuk melakukan pengecatan. Dengan Sprayer anda akan menyelesaikan pengecatan dengan sangat cepat dengan hasil yang halus serta merata, namun juga perlu diperhatikan bahwa anda akan lebih boros cat karena banyak yang akan terbuang lewat udara.
sprayer gun


Untuk keamanan barang-barang anda dari kemungkinan terkena cipratan cat, singkirkan benda-benda yang terdapat dalam ruangan. Selanjutnya untuk SelfSafety gunakan kacamata, masker, dan sarung tangan karet. Bahkan untuk sikon tertentu anda mungkin membutuhkan helm atau sepatu boot. Setelah semuanya siap periksa dinding tembok dan lakukan pengecatan.

Gunakan cat dasar terlebih dahulu baik untuk dinding rumah tembok yang baru dan belum pernah dicat sebelumnya maupun yang sudah pernah dicat. Pastikan bahwa tembok anda sudah benar-benar kering, tunggu kira-kira 4 minggu setelah acian. Cat dasar tembok pada umumnya memiliki daya rekat yang bagus dan tahan terhadap kelembapan sebelum anda melapisinya dengan cat utama. Ketika anda ingin mengecat bagian interior maupun exterior, di sana juga ada pilihan yang sesuai untuk kondisi tersebut.

Jika tembok anda sudah pernah dicat, sebaiknya kerok cat tembok lama sebelum mengganti dengan warna baru. Masih sama dengan tembok baru, setelah pengerokan cat selesai, anda baiknya memberikan lapisan cat dasar terlebih dahulu baru setelah benar-benar kering dapat dilakukan pengecatan dengan cat tembok berkualitas dan warna yang sesuai.

Apabila pengecatan sudah selesai, simpan kembali cat tembok tersisa jika masih ada karena dapat digunakan suatu waktu. Simpan di tempat yang aman khususnya dari jangkauan anak-anak. Tutup yang rapat hindarkan dari tempat bersuhu tinggi, bila anda tidak sengaja menumpahkanya lapisi cat yang tumpah dengan pasir kemudian bersihkan. Hal-hal di atas adalah hal umum yang anda perlu perhatikan sebelum mengecat rumah. Mengecat rumah itu mudah dan oleh karena itu anda bisa mencobanya sendiri. Selamat mengecat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar