Search This Blog

Wednesday, July 4, 2012

Oli Gardan / Gear

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 2 Review pembaca

Perawatan Oli Gardan / Gear


Oli Gardan adalah jenis oli yang hanya digunakan untuk Gear / Gardan pada truk atau mobil yang menggunakan penggerak roda belakang atau dilengkapi dengan teknologi 4WD (penggerak pada 4 roda). Mobil yang dilengkapi dengan teknologi 4WD ini biasanya adalah Jeep, mobil sport mewah misalnya Mercedes Benz, BMW dsb dan mobil untuk Rally.

Jika anda pemilik mobil-mobil atau truk seperti tersebut di atas jangan lupakan pemeliharahan dan pengecekan oli gardan anda karena jika sampai terlupakan dapat menyebabkan gardan bermasalah sehingga mobil tidak akan bisa jalan. Gardan mulai bermasalah jika sudah terdengan bunyi dengung yang menandakan bahwa oli gardan sudah mulai berkurang dan menjadi lebih encer.

Karenanya jika anda melakukan perawatan lebih rutin tentu akan lebih baik dalam menjaga ketahanan sparepart  mobil anda. Penggantian oli gardan dapat dilakukan bersamaan dengan oli mesin mobil atau jika jarak tempuh sudah mencapai 10000 km maka penggantian oli gardan dapat dilakukan. Harga oli gardan dapat bervariasi berdasarkan merek dan spesifikasi SAE nya. Oli gardan dengan SAE (kekentalan) multi grade memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan single grade. Umumnya harga oli gardan berkisar antara 30 hingga 60 ribu an untuk kemasan 1 Liternya.

Untuk mobil perkotaan dengan medan yang ringan lebih baik menggunakan oli gardan multi grade karena memiliki sifat yang lebih encer sehingga tidak memberatkan kinerja gardan. Sebaliknya untuk mobil dengan medan berat atau pegungungan dapat menggunakan oli single grade. Perhatikan pula jika produsen mobil anda menyatakan bahwa gardan anda dilengkapi dengan fungsi LSD (Limited Slip Diferential) yaitu putaran roda belakang berputar secara bersamaan, di sana ada tipe oli yang tepat untuk mobil bertipe LSD ini dapat anda lihat pada kemasan oli.

Khusus untuk oli gardan di sana masih tersedia oli single grade yang rata-rata sudah tidak terpakai pada oli mesin kendaraan produksi sekarang. Rentang SAE (kekentalan oli) yang dapt anda pilih antara lain SAE 75W-90 dan SAE 80W-90 (Multi grade) dan SAE 80, SAE 90, SAE 140 (single grade). Yang pasti pilih spesifikasi yang sesuai seperti yang produsen mobil anda sarankan.

No comments:

Post a Comment