Search This Blog

Monday, June 18, 2012

Batuk Adalah, Apa itu Batuk

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 1 Review pembaca

Batuk, Penyebab dan Jenisnya


sistem saluran pernafasan terinfeksi virus RNA
Batuk identik dengan penyakit menurut sebagian besar persepsi kita namun mari kita telaah lebih lanjut apa itu batuk. Batuk sebenarnya adalah respon dari otak yang memerintahkan oto-otot untuk mengeluarkan benda-benda asing yang masuk pada reseptor rangsangan batuk antara lain di hidung, saluran pernapasan, dan telinga. Penyebab rangsangan ini bisa terjadi antara lain karena iritasi dalam tenggorokan oleh berbagai lendir, debu, asap, makanan dsb. Oleh karena itu batuk sebenarnya hanyalah system perlawanan tubuh terhadap penyebab iritasi tersebut.


Penyebab

  • Batuk karena infeksi virus pada saluran pernafasan (virus RNA penyebab Influenza).
  • Batuk karena alergi terhadap debu kamar, asap, kondisi udara dll.

Jenis-jenis batuk

Jika siapa saja dari anda terserang batuk, baik yang disebabkan oleh virus ataupun alergi yang telah menginfeksi saluran pernafasan sehingga batuk tidak dapat terhindarkan lagi, jangan terburu-buru membeli obat batuk. Kenali dahulu jenis batuk anda. Ada 2 macam kategori batuk yaitu batuk akut dan kronis.
Batuk akut adalah batuk yang prosesnya tidak berlangsung lama. Batuk ini dapat segera sembuh dengan obat yang sesuai baik itu untuk batuk berdahak maupun batuk kering. Periodenya pun sangat singkat kurang lebih hanya dua minggu selesai atau sudah sembuh tanpa harus melakukan terapi atau pengobatan dengan obat batuk secara khusus.

Sedang yang kedua adalah batuk kronis, wah bagi para pembaca yang merasa mengalami batuk yang berlangsung lama, atau barang kali anda sampai lupa kapan pertama kali batuk anda dimulai, harap waspada, namun jangan panik. Apakah batuk anda sudah lewat dari dua minggu dan bersambung-sambung terus, ada baiknya anda melakukan check up ke dokter, atau rumah sakit. Karena batuk yang berlangsung lama seringkali mengindikasikan Penyakit TBC, Asma, dan Batuk Pertusis. Batuk pertusis adalah batuk seratus hari yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan kuman Bordetella Pertusis yang menyerang bulu getar saluran pernafasan atas.

No comments:

Post a Comment