Search This Blog

Friday, June 22, 2012

Obat Batuk

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 1 Review pembaca

Memilih obat batuk yang sesuai


Batuk yang mengusik anda setiap malam atau bahkan setiap waktu adalah masalah bagi kenyamanan hari-hari anda. Di sana banyak obat batuk yang dijual bebas dapat memberikan pertolongan untuk batuk anda. Namun sebelum membeli dan memilih obat batuk yang sesuai pertimbangkan kandungan di dalamnya untuk menyesuaikan dengan batuk anda. Biasanya obat batuk di pasaran mengandung penekan batuk, pengencer dahak, dan pelega saluran nafas.

Hati-hati dengan kandungan dalam obat batuk


Ada fakta menarik dari beberapa dokter bahwa batuk berdahak tidak harus diperlukan pengobatan, misalnya saat batuk menyertai pilek. Karena batuk berdahak dapat membersihkan paru-paru anda, ini berlaku khususnya jika anda perokok, atau memiliki asma.

Atau  jika anda telah mengkonsumsi obat jenis tertentu, obat batuk menjadi tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Misalnya jika anda mengkonsumsi obat dengan kandungan monoamine oxidase inhibitor yaitu umumnya bagi pasien depresi  dan kondisi lainya, anda seharusnya konsultasi terlebih dahulu sebelum minum obat batuk atau sirup batuk yang mengandung dextromethorphan (penekan batuk). Juga bila anda memiliki masalah tekanan darah tinggi atau penyakit jantung hindari obat flu dan batuk kombinasi yang mengandung Decongestant, karena Decongestant dapat meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter anda jika anda adalah pasien dengan gangguan kondisi seperti tersebut di atas.

Obat atau sirup yang dapat menekan batuk

Penekan batuk yang terkandung dalam obat batuk dapat meringankan batuk anda dengan menghentikan reflek batuk. Obat batuk dengan penekan batuk umumnya menggunakan Dextromethorphan / DM. Dextromethorphan adalah penekan batuk yang cocok untuk batuk kering anda. Obat ini tidak tepat jika anda adalah penderita batuk produktif berdahak. Sebab batuk berdahak tidak seharusnya ditekan karena justru akan membersihkan cairan dan lendir dari saluran pernafasan anda. Untuk batuk berdahak gunakan obat yang mengandung Expectorant.

Obat atau sirup pengencer mukus, lendir atau dahak

Bagi pasien batuk berdahak, minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan lendir dari saluran pernafasan anda. Selain itu disana ada obat batuk dengan kandungan Expectorant yang mampu mengencerkan lendir sehingga anda mudah mengeluarkanya. Di samping Expectorant disana juga ada Guaifenesin yang memiliki fungsi yang sama sebagai pengencer dahak sehingga dapat keluar dari saluran pernafasan. Setelah lendir ini keluar maka batuk anda dapat segera menurun frekuensinya. Namun perlu diperhatikan bahwa ada efek samping dari Expectorant yang paling umum yaitu mual dan muntah.

Obat batuk oles/gosok

Jenis obat batuk oles biasanya mengandung menthol dan Camphor. Obat batuk ini dapat digunakan dengan cara menggosokkan pada bagian kerongkongan / leher dan dada. Aksi anesthetic dari uapnya dapat mengurangi batuk dan melegakan saluran pernafasan untuk penderita pilek. Selain obat oles juga tersedia obat hirup yang dapat melegakan pernafasan dan meringankan batuk juga.

Obat batuk kombinasi

Setelah kita tahu beberapa fungsi dalam kandungan obat batuk, kita dapat melihat banyak obat batuk atau sirup batuk dijual bebas yang mengandung dextromethorphan dan expectorant (guaifenesin). Disamping dua kandungan tersebut mungkin juga mengandung antihistamine, decongestant, dan pereda nyeri. Antihistamine berfungsi mengurangi produksi lendir atau mukus, dan mengurangi gatal-gatal alergi, sedangkan Decongestant berfungsi melegakan saluran napas dan membersihkan saluran hidung dari lendir. Tips, jika anda menderita berbagai gejala flu seperti pilek, batuk, dan tubuh terasa nyeri maka memilih obat dengan kandungan kombinasi dapat membantu meringankan gejala anda, namun jika penyakit anda hanya secara spesifik, batuk saja (kering atau berdahak) atau pilek saja maka memilih obat batuk dengan kandungan yang tepat akan lebih baik.

Kenali batuk anda lebih jauh untuk menentukan penanganan terbaik bagi batuk anda. Di sana ada beberapa jenis batuk yang mencakup batuk akut dan batuk kronis. Dengan mengetahui kondisi batuk anda sebenarnya, akan lebih tepat langkah yang anda ambil untuk penanganan yang sesuai. Jika anda ragu mengenai kondisi anda dan merasa bahwa gejala batuk anda sangat buruk silahkan konsultasikan dengan dokter anda, karena TBC dan Asma juga disertai batuk, kedua penyakit itu harus mendapatkan perawatan khusus.

No comments:

Post a Comment