Search This Blog

Monday, June 25, 2012

Obat Batuk Bayi

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 2 Review pembaca

Apakah pemberian obat batuk di pasaran tepat untuk bayi anda?


ibu dan bayi
Pemberian obat batuk pada bayi memang dibutuhkan perhatian khusus sebelum memberinya obat batuk yang dijual di pasaran seperti suppressant, expectorant, decongestant, atau antihistamine. Karena penggunaan obat-obat yang dijual di pasaran tanpa petunjuk dokter sangat tidak disarankan. Sebaliknya pengunaan obat yang ada di pasaran pada anak berusia di bawah 6 tahun tanpa resep dokter dapat menjadi tidak efektif atau membahayakan bagi si kecil. Sebaiknya penggunaan dan pemberian obat batuk bagi bayi dibawah 3 tahun harus disertai resep dokter.

 Tips-tips saat si kecil sedang menderita batuk

Beri cukup cairan

Berikan asupan cairan yang cukup kepada bayi anda. Jika bayi anda kurang dari 6 bulan memberikan banyak ASI adalah pilihan utama. Selain itu dapat pula diberikan larutan oralit (larutan gula garam), biasanya dokter akan akan memberikan larutan ini untuk bayi di bawah 6 bulan. Perlu diingat bahwa memberikan air langsung kepada bayi adalah tidak tepat karena ginjal mereka belum dapat memprosesnya dengan benar dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Madu untuk batuk pada bayi

Jika bayi anda batuk dan sempat terlintas bahwa pemberian madu mungkin akan berguna, jangan buru-buru, akan tetapi perhatikan usia bayi anda. Perhatikan bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah 1 tahun karena akan dapat memicu botulisme pada bayi. Botulisme adalah keracunan yang disebabkan oleh racun dari bakteri Closytrodium botulinum yang bisa ditemui pada madu. Aturan yang tepat adalahsetengah sendok teh madu untuk anak berusia 2-5 tahun, 1 sendok teh untuk usia 6-11 tahun, dan 2 sendok teh untuk anak berusia 12 tahun ke atas.

Hindari asap

Jauhkan bayi anda dari asap saat batuk, karena asap dapat memperparah saluran pernafasan yang telah meradang. Asap yang berbahaya dihasilkan antara lain dari pembakaran rokok, kayu, sampah dll. Polusi lingkungan karena asap bukan hanya buruk bagi bayi namun orang dewasa juga khususnya yang ditimbulkan dari rokok.

Makanan Alternatif

Untuk bayi yang sudah bisa mengkonsumsi makanan selain dari ASI dan Bubur, di sini ada beberapa makanan alternative yang dapat diberikan ketika bayi anda sedang batuk dan gatal pada tenggorokan. Saat menderita batuk bayi cenderung tidak doyan makan, jika makan dengan menu biasa tidak begitu suka, anda dapat memberikan makanan alternatif seperti pudding, agar-agar, sup ayam, atau es krim akan lebih disukai saat tenggorokan mereka masih terasa gatal.

Bila kondisi batuk sangat mengganggu hari-hari bayi anda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Di bawah ini ada beberapa kondisi yang mengindikasikan kapan anda harus segera mengunjungi dokter.

Hubungi dokter bila

  • Percayakan pada dokter jika bayi masih berumur 0-3 bulan
  • Bawa ke dokter setelah 1 minggu tidak kunjung membaik
  • Bayi menjadi sulit bernafas atau bernafas dengan cepat
  • Bila ada bunyi mengi saat bernafas
  • Ada bercak darah pada lendir atau mukus saat bayi batuk
  • Demam tinggi lebih dari 38 Celcius untuk bayi berusia 3-6 bulan
  • Demam tinggi lebih dari 40 Celcius untuk bayi berusia 6 bulan atau lebih

No comments:

Post a Comment