Search This Blog

Saturday, June 23, 2012

Obat Batuk Tradisional

Tips yang sangat bermanfat dengan Rating 5/5 dari 1 Review pembaca

Bermacam-macam obat batuk tradisional


Di bawah ini adalah berbagai obat batuk tradisional dari bahan-bahan tradisional, natural, alami, dan dari alam untuk membantu meredakan batuk anda yang mengganggu. Obat batuk ini dapat anda persiapkan sendiri di rumah karena tidak memakai bahan kimia sama sekali. Jika anda batuk, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan apa yang alam telah sediakan sebagai upaya membantu kesembuhan anda seperti obat batuk tradisional di bawah ini.


Obat Batuk Tradisional – Batuk Berdahak

Lidah Buaya + Madu

20 g Daun lidah buaya dikupas, dicuci, dan diblender. Tambahkan 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Obat batuk tradisional dari Lidah Buaya sangat cocok untuk batuk serak.

Wortel + Madu

1 buah wortel diblender bersama madu murni dan sedikit air hangat, minum 1 sendok makan beberapa kali sehari.

Bubuk Cabe Rawit

Tuangkan ½ sendok teh serbuk cabe dalam satu gelas air untuk berkumur, kemudian telan setelah itu. Obat batuk tradisional dari serbuk cabe berkhasiat membantu menghilangkan kemampatan saluran pernafasan dan memicu darah menuju tenggorokan untuk melawan infeksi.

Bawang Putih + Madu

Lembutkan 1 atau 2 siung bawang putih, kemudian campur dengan 1 sendok teh madu. Minum saat diperlukan.

Jahe

Siapkan 200 ml teh dicampur dengan jahe. Minum beberapa gelas dalam satu hari.

Anggur + Madu

200 ml jus anggur dicampur dengan 1 sendok teh madu. Minum segera.

Madu + Jeruk Nipis

Ini adalah obat batuk tradisional yang paling populer. Jeruk nipis diblender dengan sedikit air, campurkan madu secukupnya. Minum saat diperlukan. Madu tidak hanya meringankan gatal-gatal di tenggorokan namun juga memiliki sifat anti bakteri.

Atau

Jeruk nipis diperas kemudian dicampur dengan madu. Langsung diminum.

Bawang Merah

Rebus 1 siung bawang merah dalam sedikit air selama 10-15 menit, saring dan minum air sisa rebusan tadi. Bawang merah dapat sebagai bahan obat batuk tradisional karena berkhasiat membantu meredakan kemampatan saluran nafas.

Bawang Merah + Madu

1 sendok teh bawang merah halus dicampur dengan 1 sendok teh madu, diamkan selama 3-4 jam sebelum diminum.


Obat Batuk Tradisional: Batuk Kering

Cuka Sari Apel

Taburkan sedikit cuka sari apel pada sarung bantal anda sebelum tidur. Atau dapat juga 1 hingga 2 sendok teh cuka sari apel dicampurkan ke dalam satu gelas air untuk persediaan jika tenggorokan mulai menggelitik dapat ditaburkan pada sarung bantal anda. Anda boleh juga meminum sedikit dari campuran air dan cuka tersebut. Cuka sari apel berkhasiat melarutkan dahak dan mengurangi peradangan saluran pernafasan.

Madu

Campurkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air mendidih, minum segera. Campuran madu dan air panas ini akan menenangkan tenggorokan anda.

Bawang Putih

Cincang 1 siung bawang putih dalam sebuah mangkuk. Tambahkan beberapa sendok makan madu, kemudian tutup rapat dan diamkan selama 1 malam. Saat bangun tidur ambil 1 sendok makan dan minum. Lakukan juga sepanjang hari saat diperlukan.

Beberapa tips obat batuk tradisional di atas dapat anda gunakan untuk meredakan atau sebagai pertolongan pertama atas batuk anda. Perlu dicatat bahwa obat batuk tradisional ini bukanlah sebuah rekomendasi untuk menghindari obat batuk kimia, atau mengabaikan sebuah kesempatan untuk konsultasi kepada dokter melainkan hanya sebagai pertolongan awal yang menggunakan bahan-bahan tradisional dari alam. Bahkan sangat disarankan bagi anda setelah mengambil alternatif dengan obat batuk tradisional batuk anda tidak kunjung sembuh maka konsultasi dengan dokter sangat diperlukan karena bisa jadi batuk anda adalah indikasi karena adanya gangguan kondisi kesehatan lain pada tubuh anda seperti penyakit TBC atau Asma. Karenanya segera temui dokter jika kondisi anda seperti:

  • Batuk disertai lender bercampur darah
  • Dahak masih saja mengental bewarna kuning, hijau, atau coklat selama beberapa hari
  • Batuk anda belum berkurang lebih dari 3 hari
  • Sakit tepat di bagian dada saat batuk
  • Batuk disertai demam tinggi
  • Badan menggigil atau kedinginan
  • Berkeringat berlebihan pada malam hari
  • Batuk disertai radang tenggorokan lebih dari 3 minggu
  • Batuk disertai bintik merah pada kulit, nyeri telinga, sakit kepala, sakit pada bagian sinus

1 comment: